3 Contoh Laporan Posisi Keuangan Lengkap!

3 Contoh Laporan Posisi Keuangan Lengkap!

Pada intinya, pernyataants of financial position atau laporan status keuangan ialah satu tipe neraca keuangan yang sediakan keadaan harta, kewajiban, dan modal dalam kurun waktu tertentu.

Lalu, bagaimanakah cara membuat, peranan, pola, komponen dan beragam cara saat membuat laporan status keuangan dalam transisi akuntansi? Dapatkan jawabnya dengan membaca artikel ini sampai usai.

Pengertian Laporan Posisi Keuangan

Laporan status keuangan ialah laporan yang karakternya benar-benar struktural berkaitan status keuangan perusahaan, baik itu perusahaan jasa, dagang, atau manufacturing. Laporan status keuangan ialah rangkuman dari sebuah perusahaan berkaitan keadaan asset, liabilitas, dan ekuitas perusahaan.

Pada suatu keadaan tertentu, pernyataants of financial position kerap disebutkan dengan neraca atau balance sheet. Nach, posisi account dalam neraca yang pas ialah nomor urut awalan yang menyuguhkan beragam barisan account yang paling likuid, lalu diikuti dengan tingkat likuiditas yang terendah.

Simak juga: Yang Perlu Anda Kenali Hari Pemasaran Tersebar di Piutang Usaha?

Fungsi Laporan Posisi Keuangan

Pada intinya, peranan laporan status keuangan ialah buat ketahui keadaan hutang, aktiva, dan modal satu substansi di suatu waktu tertentu, seperti per tanggal 31 Juli 2021.

Dengan ketahui keadaan elemen yang ada di laporan neraca, karena itu nanti bisa menjadi pemikiran untuk satu substansi atau perusahaan saat membuat satu peraturan vital untuk operasinya.

Komponen

Elemen dan komponen balance sheet ini terdiri dari 3 elemen khusus, yaitu:

1. Aset

Asset ialah kekayaan perusahaan atau substansi yang terbagi dalam kas, piutang, ongkos yang dikeluarkan dari muka, dan asset masih tetap. Dalam laporan status keuangan, asset masih tetap ada dalam neraca dihidangkan sebesar nilai bukunya.

2. Kewajiban (liabilitas)

Kewajiban ialah suatu hal sebagai tanggungan atau dituntaskan oleh faksi perusahaan atau substansi dalam periode waktu panjang atau pendek. Contoh simpel dari kewajiban hutang periode panjang ialah penghasilan yang diterima didepan, dan hutang kepada pihak ke-3 .

3. Ekuitas

Ekuitas ialah modal substansi yang digunakan saat lakukan operasi atau aktivitas perusahaan. Contoh simpel dari ekuitas ialah modal disetorkan dan keuntungan ditahan.

Jenis dan Format Laporan Posisi Keuangan

Ada dua penyuguhan laporan status neraca keuangan, yaitu:

1. Laporan Posisi Keuangan Bentuk Staffel

Pernyataants of financial position wujud staffel ialah neraca keuangan yang dihidangkan dengan wujud vertikal, yang mana tiap pos asset akan disampaikan di bagian teratas, lalu dituruti dengan beragam pos liabilitas dan ekuitas pemilik saham.

2. Laporan Posisi Keuangan Bentuk Skontro

Laporan status keuangan wujud skontro ialah pola laporan neraca yang mana pos asset, kewajiban dan ekuitas pemilik saham akan dihidangkan secara bersebelahan. Beragam pos itu akan dihidangkan pada segi kiri, dan pada segi kanannya akan dihidangkan pos kewajiban dan ekuitas.

Apa saja pola neraca yang nanti akan diputuskan, Anda jangan tinggalkan konsep khusus dalam laporan itu, yang mana jumlah keseluruhan asetnya akan sama dalam jumlah keseluruhan liabilitas yang ditambah lagi ekuitas, atau jika dicatat berbentuk rumus matematika akan seperti terlihat berikut:

Asset = Liabilitas + Ekuitas

Kesamaan semacam ini dikenali bernama kesamaan dasar akuntansi, dan hal tersebut sebagai jawaban mengapa pernyataants of financial position harus balance.

Cara Membuat Laporan Posisi Keuangan

Secara simpel, ada enam cara dan langkah membuat pernyataants of financial position, yaitu:

  • Mengenali dan menganalisa transaksi bisnis keuangan perusahaan
  • Lakukan pendataan dan kategorisasi jurnal transaksi bisnis keuangan perusahaan
  • Lakukan perpindahan atau posting hasil pendataan jurnal ke buku besar.
  • Mempersiapkan neraca saldo berdasar buku besar yang ada.
  • Lakukan pengaturan kertas kerja kolom berdasar buku besar.
  • Membuat pernyataants of financial position yang dibikin berdasar kertas kerja kolom.

Contoh Laporan Posisi Keuangan

Pada umumnya, pola dan wujud neraca dari perusahaan dagang, jasa dan manufacturing ialah sama, perbedaannya ada banyak tipe pos transaksi bisnis yang cuman ada pada tipe perusahaan itu saja.

Misalnya beragam pos barang pada proses, dan harga dasar produksi yang cuman ada di perusahaan manufacturing. Silahkan kita ulas satu demi satu berikut ini.

Laporan Posisi Keuangan Perusahaan Dagang

Perusahaan dagang adalah tipe substansi yang konsentrasi dalam sektor perdagangan, misalnya ialah perusahaan air minum mineral yang jual produknya pada beberapa customer. Elemen khusus yang ada dalam laporan neraca perusahaan dagang ialah seperti berikut:

1. Aset
Dalam masalah ini, asset terdiri jadi dua tipe, yakni:

  • Asset Lancar, seperti dana kas dan sama dengan kas, piutang, stok, PPN, dan lain-lain.
  • Asset Tidak Lancar, misalnya ialah investasi pada substansi lain, fixed assets, beban yang dibatalkan, dan lain-lain.

Liabilitas juga terdiri kembali jadi dua tipe, yaitu:

  • Liabilitas periode pendek, yang terbagi dalam hutang bank periode pendek, hutang pajak, beban akrual, beban hutang periode panjang, hutang pendanaan customer, dan hutang obligasi
  • Liabilitas periode panjang, yang terbagi dalam hutang periode panjang, liabilitas imbalan kerja pegawai, pendapatan dibatalkan, dan hutang sewa pendanaan

3. Ekuitas
Laporan status keuangan yang ada di bagian ekuitas perusahaan dagang terbagi dalam modal saham, modal tambahan yang disetorkan, dan retained earning. Supaya lebih lagi jelas, lihatlah contoh pernyataants of financial position perusahaan dagang berikut ini.

Laporan Posisi Keuangan Perusahaan Jasa

Laporan status keuangan perusahaan jasa semakin lebih memvisualisasikan status keuangan perusahaan pada tanggal tertentu yang hendak memberitahukan keadaan asset, kewajiban, dan ekuitas pemiliknya. Contoh perusahaan jasa ialah perusahaan yang jalankan bisnis pada sektor asuransi rugi dan reasuransi.

Supaya lebih menolong Anda dalam pahami pernyataants of financial position perusahaan jasa, berikut kami suguhkan beberapa komponennya.

  • Asset, didalamnya terbagi dalam kas dan bank, piutang premi, investasi - deposito berjangka, sukuk, dampak, property, logam mulia, dan pajak dibayarkan dari muka
  • Liabilitas, yang mana terbagi dalam hutang claim, utang komisi, hutang pajak, beban akrual, liabilitas imbalan kerja periode panjang, hutang, dan sebagainya.
  • Ekuitas, terbagi dalam modal dasar, modal yang ditaruh dan disetorkan, dan keuntungan ditahan

Perlu digaris bawahi jika pola pernyataants of financial position perusahaan jasa sama dengan perusahaan dagang, perbedaannya tipe transaksi bisnis yang berjalan pada perusahaan jasa tidak ada pada perusahaan dagang, begitu juga kebalikannya.

Supaya dapat semakin gampang pahami pola pernyataants of financial position perusahaan jasa, berikut kami suguhkan misalnya:

Laporan Posisi Keuangan Perusahaan Manufaktur

Biasanya, pola dan elemen laporan status keuangan perusahaan manufacturing sama dengan perusahaan dagang dan jasa, perbedaannya ialah pada tipe transaksi bisnisnya saja. Ada banyak tipe transaksi bisnis yang hanya terjadi di perusahaan manufacturing, seperti transaksi bisnis yang terkait dengan proses produksi.

Tetapi, ada pula tipe transaksi bisnis yang ada di ke-3 tipe perusahaan itu, seperti transaksi bisnis akseptasi dan pengeluaran kas bank.

Komponen laporan neraca perusahaan manufacturing ini terbagi dalam:

1. Aktiva
Aktiva lancar, didalamnya terbagi dalam kas dan sama dengan kas, investasi periode pendek, kas yang terbatasi pemakaiannya, piutang usaha, piutang lainnya, stok, uang muka dan ongkos dibayarkan dari muka
Aktiva tidak lancar, yang terbagi dalam asset masih tetap, perkiraan bill pajak, asset pajak kuatan, pelibatan saham, asset tidak berbentuk, dan asset yang dipakai dalam operasi

2. Kewajiban
Kewajiban Lancar, didalamnya meliputi utang periode pendek, hutang usaha, hutang pajak, beban akrual, uang muka pemasaran, sisi utang periode panjang yang jatuh termin dalam waktu setahun, sisi liabilitas keuangan periode panjang yang jatuh termin dalam waktu setahun.
Kewajiban tidak lancar, didalamnya meliputi liabilitas pajak kuatan, utang periode panjang, liabilitas periode panjang, dan liabilitas imbalan kerja periode panjang

3. Ekuitas pemilik saham
Didalamnya terbagi dalam modal saham, saldo keuntungan, modal tambahan disetorkan, dan Pendapatan mendalam yang lain. Secara simpel, berikut kami suguhkan contoh pernyataants of financial position perusahaan manufacturing.


Kesimpulan

Neraca keuangan yang menyuguhkan status harta hutang dan modal dikatakan sebagai laporan status keuangan atau neraca, atau balance sheet, atau pernyataants of financial position.

Laporan status keuangan ini terdiri dari 3 elemen khusus, yaitu asset, liabilitas, dan ekuitas. Perlu Anda kenali jika rumus pernyataants of financial positionadalah jumlah asset yang serupa dalam jumlah liabilitas dan ekuitas, atau simpelnya Asset = Liabilitas + Ekuitas.

Demikian yang dapat kami bagi mengenai pernyataants of financial position. Jika Anda masih kesusahan atau mungkin tidak memiliki saat yang cukup buat membuat pernyataants of financial position, karena itu pakailah software akuntansi dari Akirate Online.

Dengan memakai software akuntansi ini, Anda dapat memperoleh lebih dari 200 tipe neraca keuangan yang dapat Anda akses dimanapun dengan cepat, gampang dan tepat.

Ditambah lagi, Akirate Online juga diperlengkapi dengan beragam feature hebat yang sanggup menolong Anda saat lakukan usaha jadi lebih gampang.

Ingin tahu? Anda dapat coba Akirate Online lebih dulu dengan click link gambar berikut ini.